Rabu, 25 Maret 2009

Kebingungan yang terus menghantui hidup



Kebingungan yang terus menghantui hidup
Jauh sudah kaki ini melangkah, menapaki setiap jengkal perjalanan waktu, mengarungi samudra kehidupan yang luas menuju kebahagian akhirat yang didamba. Lelah rasanya hati ini karena begutu banyak rintangan yang harus dihadapi membuat perjalanan terombang ambing bagai ombak di lautan yang tertiup angin samudra yang membuat wajah kita tampak bingung kemanakah kaki ini harus melangkah.
Sedikit kalimat diatas saya ambil dari majalah tarbawi edisi maret 2009, walau ada sebagian kata-kata yang saya tambah.sahabat memang hidup ini tak selamnya indah seperti apa yang kita dambakan, tak selamanya kita bisa menikmati kehidupan. Ya ada kalanya kesedihan itu kita rasakan karena berbagai persolan yang hadir pada setiap langkah kehidupan kita. Yang membuat kita tampak bingung menghadapi hidup yang terlalu banyak masalah ini.
Sahabat jangan biarkan kebingungan itu terus menghantui kehidupan kita, ayo kita bangkit dari keterpurukan yang ada jangan biarkan wajah yang kusam ini menjadi semakin kusam. Cerahkan kembali wajah yang tampak bingung itu menjadi kecerian karena hidup memang harus tetap kita jalani. Kebigungan hanya akan membuat kita semakin terjerumus dalam keputusasaan, keputusasaan hanya akan membuat hidup kita tak semakin tak pasti.
Sahabat sudah saatnya kita bangkit, katakan tidak pada kemalasan, penyesalan yang ada jangan membuat kita terus berada pada dalam ketidak pastian. Saat inilah waktu yang tempat untuk kita berintropeksi diri atas segala kehidupan yang terus menreus menimpa kehidupan kita. Berhentilah untuk menyalahkan orang lain dan berhenti pula untuk mengeluh. Karena menyalahkan orang lain hanya akan membuat kita semakin kecewa, dan keluhan hanya akan membuat kita semakin malas.
Kebingunagan kita ganti dengan ke optimisan menghadapi hidup, kemalasan kita ganti dengan semangat hidup yang lebih baik, wajah suram kita ganti dengan kecerian. Kegersangan jiwa kita isi dengan mendekatkan diri kita pada Allah Swt..
Yang paling penting.. sadar atau tidak masalah itu timbul karena dari kita, kebingungan itu hadir kareana kita tidak yakin akan kebesaran Allah. Kemalasan itu hadir karena kita terjebak dalam paradigma takdir. Padahal takdir itu yang pasti hanya kematian, jodoh dan rejeki. Allah telah meanugarahkan kelebihan dari setiap kelemahan yang kita milki begitu sebaliknya… jadi mari kita rubah paradigm hidup yang terlalu sempit, memandang kebahagian hanya dengan kekayaan dan materi kehidupan yang berlimbap, padahal kebahagian hidup yang sesunggunya adalah ketentraman jiwa serta ketengan batin dan itu hanya bisa didapat dengan kedekatan kita pada Allah, walau hidup dalam kesederhannaa.
Semoga Allah senantisa memberikan kemudahan kepada kita dalam setiap langkah kehidupan ini….
From: Kang ABhe…

Tidak ada komentar: